wisata candi tikus

Candi Tikus: Sejarah, Lokasi, Harga Tiket & Daya Tarik

Anda sedang berada di Mojokerto kurang rasanya jika tidak mengunjungi destinasi wisata. Simak informasi ini tentang salah satu wisata bersejarah di Mojokerto yaitu Candi Tikus menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Candi Tikus Mojokerto

Destinasi wisata bersejarah yang wajib dikunjungi saat berada di Mojokerto adalah Candi Tikut. Candi tikus merupakan peninggalan kerajaan bercorak Hindu. Tempat ini cocok sebagai destinasi wisata bagi pecinta sejarah dan budaya.

Candi tikus memiliki daya tarik bagi para wisatawan karena keindahan arsitektur, kolam air yang menarik, dan beberapa informasi tentang sejarah yang tersedia di museum.

Mengunjungi candi Tikus akan menghadirkan pengalaman unik bagi para pengunjung. Pengunjung dapat belajar sejarah di lokasi Candi Tikus yang merupakan peninggalan dari kerajaan Majapahit.

Sejarah Candi Tikus

Kawasan wisata yang berada di Mojokerto ini memiliki sejarah bahwa Candi Tikus disebut sebagai Ibu Kota Kerajaan Majapahit. Candi ini ditemukan di bawah permukaan tanah oleh warga setempat.

Awal penemuan candi tikus karena warga merasa terganggu oleh banyaknya hama tikus yang merusak pertanian sehingga hasil tani mengalami penurunan secara drastis.

Pada tahun 1914 Bupati Mojokerto yang memerintah saat itu meminta aparat desa lokasi untuk membabat habis tikus yang ada. Saat pengejaran tikus, tikus masuk pada lubang di dalam gundukan tanah.

Gundukan tanah dibongkar dan ditemukan sebuah candi yang dinamakan candi Tikus. Candi tikus diperkirakan dibangun antara abad XIII atau abad ke XIV.

Pada kitab Nagarakertagama, Mpu Prapanca mengatakan bahwa dulunya candi ini merupakan tempat pertitraan atau pemandian serta tempat upacara para raja terdahulu. Namun pakar juga berpendapat bahwa candi ini dahulunya tempat penampungan dan penyaluran air untuk keperluan penduduk Trowulan.

Hingga saat ini, Candi tikus terus dilestarikan dan banyak para wisatawan yang datang ke lokasi untuk mengunjungi candi Tikus ketika liburan.

Lokasi Candi Tikus

Wisata Candi Tikus berlokasikan di Jalan Raya Trowulan, Jatirejo, Temon, Kec. Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur 61362. Candi ini merupakan peninggalan kerajaan dan saat ini menjadi objek wisata yang terkenal di Mojokerto.

Banyak wisatawan yang datang ke lokasi ini untuk menghabiskan waktu liburannya. Candi tikus termasuk dalam destinasi wisata edukasi yang wajib dikunjungi saat berada di Mojokerto.

Pengunjung yang datang ke lokasi Candi Tikus dapat menggunakan kendaraan seperti motor, mobil ataupun bus bersama rombongan. Pergi menggunakan kendaraan bus bersama rombongan dapat dilakukan dengan Andara bus.

Andara bus merupakan jasa sewa bus pariwisata Jakarta terpercaya memenuhi kebutuhan saat ingin mencari perusahaan sewa bus Jakarta dan sekitarnya. Jasa sewa bus ini memiliki armada lengkap dengan pelayanan yang memuaskan bagi para penumpang.

Harga Tiket Candi Tikus

Memasuki kawasan wisata Candi Tikus pengunjung perlu menyiapkan biaya untuk tiket masuk sebesar Rp 3.000, 00 per orang untuk dapat menikmati peninggalan pra sejarah zaman kerajaan ini.

Biaya lain yang diperlukan adalah biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000, 00 sampai dengan Rp 10.000,00.

Jam Operasional Candi Tikus

Candi Tikus memiliki jam operasional dari pukul 07.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB buka setiap hari senin sampai minggu. Pada hari weekend tempat ini cukup ramai oleh pengunjung yang datang ke lokasi.

Daya Tarik Wisata Candi Tikus Mojokerto

Candi Tikus merupakan destinasi wisata yang ramai pengunjung. Banyak wisatawan dari berbagai kota yang datang ke tempat ini untuk melihat peninggalan zaman kerajaan. Selain itu, tempat ini juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Berikut daya tarik dari wisata Candi Tikus.

1. Menikmati Wisata Sejarah

Candi Tikus merupakan peninggalan kerajaan Majapahit. Fungsi candi Tikus dahulunya sebagai tempat pemandian keluarga raja. Namun para pakar ada yang berpendapat bahwa tempat ini sebagai penampungan dan penyaluran air untuk keperluan penduduk Trowulan.

Saat ini banyak wisatawan yang mengunjungi lokasi ini karena tempat ini merupakan wisata edukasi untuk anak-anak agar dapat mengenal objek wisata bersejarah tentang kerajaan Majapahit.

2. Spot Foto Menarik

Wisata Candi Tikus memikiki pemandangan yang sangat bagus. Tempat ini cocok untuk pecinta foto karena akan banyak menemukan spot – spot foto menarik disekitar kawasan Candi.

Foto di Candi Tikus pengunjung dapat berfoto dengan latar landscape pemandangan candi yang memiliki keindahan tiada duanya. Berfoto di Candi Tikus akan menambah koleksi foto untuk di upload di media sosial.

3. Kompleks Wisata Bersejarah

Mengunjungi kawasan wisata Candi Tikus pengunjung akan dapat menemukan beberapa wisata bersejarah lainnya seperti Candi Bajang Ratu yang berjarak 750 meter dari Candi Tikus. Pengunjung juga dapat datang ke museum Trowulan, Candi Brahu, Pendopo Agung, dan Candi Kedaton atau Sumur Upas yang cocok didatangi bersama anak-anak untuk mengenalkan wisata bersejarah ini kepada si anak.

Pengunjung yang datang ke Candi tikus juga akan merasa nyaman dan senang karena fasilitas di tempat ini cukup lengkap mulai dari area parkir, pusat informasi, loket masuk, toilet, tempat ibadah, rumah makan, gazebo, serta pusat cenderamata.

Demikian informasi mengenai wisata Candi Tikus dari Andara bus yang dapat ditambahkan ke list liburan saat berada di Mojokerto. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan bagi para pembaca. Have a nice day guys!

Scroll to Top
Chat Admin Disini