Kampung Sampireun Min

12 Tempat Wisata Garut yang Hits dan Terbaru

Anda sedang melakukan wisata di Garut, tapi bingung mau kemana saja? Atau Anda merupakan warga daerah Garut yang sedang mencari tempat wisata yang hits dan terbaru? Tenang akan kami berikan beberapa referensi tempat wisata Garut untuk Anda sekalian.

Garut merupakan sebuah kabupaten di Jawa Barat, yang letaknya tidak jauh dari Kota Bandung. Garut sendiri sudah lama terkenal sejak zaman kolonial sebagai salah satu tempat yang digunakan untuk istirahat.

Wisata Garut yang tersedia termasuk cukup beragam, hal itu mulai dari wisata air terjun, wisata gunung, wisata air panas, hingga wisata pantai. Akses lokasi tempat wisata Garut juga termasuk cukup mudah, yaitu Anda cukup menempuh waktu perjalanan 2 jam dari Bandung. Lalu apa saja sih wisata Garut yang hits dan terbaru? Berikut informasi tentang tempat wisata di Garut.

Tempat Wisata Garut

1. Curug Orok

Wisata Garut

Tempat wisata yang sedang hits saat ini salah satunya adalah Curug Orok yabg terletak sekitar 10 km dari Cikajang, tempat ini masih satu jalur dengan Curug Sanghyang Taraje, yang menjadi rekomendasi wisata selanjutnya. Wisata Curug ini juga mudah Anda temukan dengan bantuan dari Google Maps.

  • Lokasi: Jl. Curug Orok, Desa Cikandang, Kec. Cikajang, Kab. Garut, Jawa Barat 44171.

2. Curug Sang Hyang Taraje

Wisata Garut

Referensi wisata selanjutnya adalah Curug Sang Hyang Taraje berada di Kecamatan Pakenjeng, tempat ini juga termasuk cukup jauh dari pusat kota Garut. Curug ini memiliki keunikan, yaitu dengan air terjun double cascades yang cukup besar dan melimpah aliran airnya.

  • Lokasi: Kp. Kombongan, Desa Pakenjeng, Kec. Pamulihan, Kab. Garut, Jawa Barat 44164.

3. Kawah Papandayan

Salah satu tempat wisata alam favorit Garut adalah Kawah dan Gunung Papandayan. Tempat ini mudah dijangkau, dengan beberapa keindahan alam yang sangat sejuk. Di sini Anda dapat menuju Kompleks Kawah Papandayan, menjelajahi Padang Edelweis Tegal Alun, mengambil foto di puncak tebing, atau bahkan menyaksikan matahari terbit di atas tebing Papandayan Sunrise.

Jalan menuju lokasi juga bagus, tidak separah setelah erupsi Papandayan terakhir. Namun, jika Anda berencana datang ke sini untuk berkunjung, Anda juga perlu melihat apakah lokasi saat ini sedang tutup atau tidak, karena dalam kondisi cuaca buruk, kawasan wisata ini terkadang ditutup sementara oleh pemerintah.

  • Lokasi: Desa Sirnajaya, Kec. Cisurupan, Kab. Garut, Jawa Barat 44163.

4. Kawah Talaga Bodas

Wisata ini terletak di wilayah Wanaraja, Kawah Talaga-Bodas adalah sebuah danau kecil bekas letusan Gunung Talagabodas sebelumnya. Tempat wisata ini mirip dengan tempat wisata Kawah Putih di Bandung, tapi relatif masih alami. Anda tidak perlu melakukan trekking atau mendaki dengan jalan kaki untuk sampai ke sini. Sebab terdapat akses jalan langsung ke kawah Talaga Bodas, namun Anda perlu parkir sekitar 1 km di kawah Talaga Bodas.

  • Lokasi: Desa Sukamenak, Kec. Wanaraja, Kab. Garut, Jawa Barat 44184.

5. Kampung Sampireun

Kampung Sampireun merupakan salah satu resort mewah di daerah Garut. Tempat ini menarik banyak wisatawan domestik dan asing. Wisata Kampung Sampireun adalah tujuan paling terkenal untuk bulan madu Garut, baik untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Sebab di tempat ini Anda dapat menikmati budaya sekitar dan memanfaatkan berbagai layanan ekslusif. Letak wisata ini juga cukup mudah untuk diakses, sebab tidak jauh dari pusat kota Garut.

  • Lokasi: Desa Sukakarya, Kec. Samarang, Kab. Garut, Jawa Barat 44151.

6. Kompleks Wisata Darajat Garut

Wisata Garut

Kompleks Wisata Darajat Garut berada di dekat pusat kota dan sangat mudah untuk Anda akses. Di sini Anda dapat menikmati pemandian air panas alami yang berada di ketinggian bukit yang indah dan hijau. Sensasi yang akan Anda dapatkan ketika berkunjung di tempat ini adalah sensasi berbeda dengan pemandian air panas di dataran yang lebih rendah. Wisatawan dapat melakukan berbagai kegiatan di daerah wisata ini, misalnya berendam, berenang, dan juga bermain di water boom.

  • Lokasi: Desa Karyamekar, Kec. Pasirwangi, Kab. Garut, Jawa Barat 44161.

7. Wisata Cipanas Garut

Kawasan wisata Cipanas Garut merupakan tempat wisata yang berupa wisata pemandian air panas alami. Ketika Anda di sini, Anda dapat menikmati air panas secara langsung dari gunung berapi Guntur yang masih aktif. Anda dapat menikmati berbagai kegiatan dalam pemandian air panas ini, misalnya berendam dan bersantai di air panas. Anda tidak perlu risau memikirkan tempat penginapan ketika berkunjung ke tempat ini, sebab banyak tersedia hotel yang bisa Anda sewa dan gunakan.

  • Lokasi: Desa Pananjung, Kec. Tarogong Kaler, Kab. Garut, Jawa Barat 44151.

8. Situ Bagendit

Referensi selanjutnya adalah wisata Situ Bagendit, tempat wisata ini terletak dekat dengan terminal Garut, yaitu sekitar 4-5 km dari terminal Garut. Kegiatan yang dapat dilakukan wisatawan, antara lain berkeliling di pinggir danau, bermain perahu kayuh ataupun menggunakan rakit. Ketika Anda menuju lokasi ini, Anda dapat menggunakan kendaraan umum, jadi keterjangkauan wisata ini juga termasuk baik.

  • Lokasi: Kec. Banyuresmi, Kab. Garut Regency, Jawa Barat 44191.

9. Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

Wisata Garut

Wisata Candi Cangkuang dan Kampung Pulo terletak di kawasan Leles, tempat wisata ini terletak dekat dengan jalan raya, yaitu dekat dengan pintu masuk Kota Garut. Hal ini juga mungkin menjadi wisata yang pertama Anda kunjungi ketika berkunjung di Garut. Tempat wisata ini terletak di tengah danau, dan juga di tepi danau terdapat wisata adat Kampung Pulo.

  • Lokasi: Desa Cangkuang, Kec. Leles, Kab. Garut, Jawa Barat 44119.

10. Pantai Ranca Buaya

Rekomendasi selanjutnya tentang pantai adalah pantai Ranca Buaya, pantai ini memiliki pemandangan yang unik nan indah. Ranca Buaya terletak dekat dengan Puncak Guha, sehingga ketika Anda mengunjungi pantai ini Anda juga bisa mengunjungi Puncak Guha.

  • Lokasi: Desa Purbayani, Kec. Caringin, Kab. Garut Jawa Barat 44169.

11. Pantai Santolo

Pantai Santoro adalah salah satu pantai yang sangat terkenal di daerah Garut. Pantainya yang panjang, dan berpasir putih menjadi suatu daya tarik tersendiri dari tempat ini. Anda juga bisa langsung menuju ke Sayang Heulang melewati pantai ini, Anda hanya perlu melakukan penyebrangan singkat ke Pulau Santolo yang disampingnya adalah pantai Sayang Heulang.

  • Lokasi: Desa Pamalayan, Kec. Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat 44177.

12. Pantai Sayang Heulang

Rekomendasi wisata terakhir adalah Pantai Sayang Heulang yang berada tepat di sebelah Pantai Santolo.  Pantai ini dapat anda capai baik melalui Pantai Santolo maupun melalui gerbang utama. Berbeda dengan Santolo yang pantainya berpasir luas, Pantai ini merupakan pantai dengan pasir berkarang yang memanjang hingga ke tengah laut.

  • Lokasi: Desa Mancagahar, Kec. Pameungpeuk, Kab. Garut, Jawa Barat 44175.

Demikian informasi tentang wisata di Garut yang sedang hits, semoga informasi yang kami berikan bermanfaat bagi Anda. Selanjutnya ketika ingin melakukan kunjungan ke berbagai wisata di Garut, sebaiknya gunakan layanan transportasi yang telah memiliki banyak pengalaman seperti Andara Bus. Informasi selengkapnya dapat Anda dapatkan dengan mengunjungi website Andara Bus atau sewa bus pariwisata Jakarta.

Have A Nice Day 😊

baca juga :

Scroll to Top
Chat Admin Disini