wisata alam purwakarta

13 Wisata Alam Purwakarta yang Menarik Anda Kunjungi

Hai readers! Gak kerasa bentar lagi libur akhir tahun, readers udah nentuin mau liburan kemana nih? Kalo belum, readers tenang aja dan gak perlu bingung. Kami dari Andarabus punya rekomendasi wisata alam yang menarik banget loh dan tentunya dengan harga yang nyaman dikantong. Tepatnya di daerah Purwakarta Jawa Barat, ada 13 wisata alam Purwakarta yang bisa readers kunjungi saat musim liburan nanti. Dijamin gak bakal menyesal datang ke sini deh. Mau tau lebih lanjut? Yuk, simak informasi berikut!

Waduk Jatiluhur

Pertama ada Waduk Jatiluhur yang dibangun pada 1957 sebagai waduk pertama dan terbesar di Indonesia yang dikelilingi perbukitan hijau dan berjarak 9 km dari pusat kota Purwakarta. Waduk jatiluhur ini cocok dijadikan tempat wisata Purwakarta karena menawarkan banyak hal menarik dan seru yang dapat dicoba. Readers dapat menikmati sunrise, sunset, olahraga atau sekedar bersantai menikmati alam sekitar. Apalagi ada spot foto unik, seperti tangga berputar, balkon, ujung perahu, dan rumah pohon yang bikin setiap pengunjung betah dan ingin berlama-lama disini. Untuk tiket masuknya cukup merogoh kocek Rp 20.000/orang.

Taman Air Mancur Sri Baduga

Mau menikmati atraksi air mancur yang megah tanpa perlu ke Singapura atau luar negeri? Tenang aja readers di Indonesia sendiri pun ada loh tentunya gak kalah megah, tepatnya ada di Taman Air Mancur Sri Baduga yang berada di Situ Buleud, Negeri Kidul, Purwakarta. Tempat wisata Purwakarta satu ini cocok banget readers nikmati pada malam hari, setiap sabtu pukul 19.30-21.00 dengan atraksi air mancur dilengkapi efek sinar warna-warni yang pastinya sangat megah dan cantik. Readers gak perlu bayar tiket masuk menikmati keindahan air mancur ini. Jangan lupa kalo main kesini, readers bisa coba wahana mobil-mobilan yang berhias lampu di sekitar Taman Air Mancur Sri Baduga.

Gunung Lembu

Keindahan alam Purwakarta tidak kalah menarik untuk readers kunjungin loh. Salah satu ada di wisata alam Gunung Lembu yang ada di Kampung Panunggal, Panyindangan, Sukatani, Purwakarta. Untuk mencapai dan menikmati pesona alam puncak Gunung Lembu ini, readers perlu tenaga ekstra karena rute tanjakan yang cukup tajam tapi semua itu akan terbayarkan dengan pemandangan alam yang sangat indah. Waktu terbaik untuk menikmatinya yaitu pada sore hari sekaligus menyaksikan sunset yang sangat indah, gak hanya itu aja readers bisa menikmati lanskap Kota Purwakarta dan Waduk Jatiluhur dari sini. Kalo readers mau yang lebih romantic lagi, coba deh mendaki pada malam hari. Pemandangan city lights Kota Purwakarta akan menyambut readers dengan cantik.

Curug Cipurut

Sejuk banget, Curug Cipurut terletak di kawasan cagar alam Gunung Burangrang, desa Sumrugul, Wanayasa, Purwakarta menawarkan curug dengan ketinggian 25-30 meter di tepi tebing yang di hiasi tanaman dan lumut dengan pemandangan yang indah. Rute yang readers lewatin kalo mau main ke curug ini sekitar 15-20 menit dengan pemandangan perkebunan teh dan perkampungan penduduk yang suasananya asri banget. Gak kalah serunya di curug cipurut ini, readers bisa mendirkan tenda untuk berkemah loh. Untuk tiketnya cukup terjangkau Rp 5000 di hari biasa dan Rp 20.000 di akhir pekan.  Tertarik berkemah di sini readers?

Bukit Katumbiri

Wisata alam Purwakarta satu ini baru di buka tahun 2018 yaitu Bukit Katumbiri yang terletak di Bukit Katumbiri, Kiarapedes, Purwakarta. Katumbiri sendiri memiliki arti Pelangi dalam bahasa sunda. Bukit Katumbiri ini telah menjadi salah satu tempat paling favorit bagi wisatawan dengan menawarkan perbukitan hijau yang terhampar dan di sediakan spot-spot foto yang instagrammable banget. Part paling seru dari Bukit Katumbiri ini readers bisa nikmatin matahari terbenam sambil menikmati langit jingga dari kejauhan. Tiket masuknya cukup Rp 10.000/orang, murah kan readers?

Urban Farming Purwakarta

Mau berfoto-foto dengan spot suasana Eropa? Tenang aja ga perlu pergi ke Eropa, cukup pergi ke Urban Farming Purwakarta berada di Benteng, Cempaka, Purwakarta. Di sana readers bisa merasakan suasana yang sama dengan banyak spot foto unik berupa rumah-rumah warna-warni petani Eropa. Selain itu, readers bisa belajar berkebun dan membeli aneka bibit buah, bunga, atau sayuran yang bisa ditanam sendiri di rumah. Tiket masuknya cukup Rp 15.000, buka mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Hidden Valley Hills

Hidden Valley Hills terletak di Cibodas, Sukatani, Purwakarta yang menjadi salah satu wisata hits di Purwakarta yang menawarkan kawasan berupa resort, villa, dan sky pool dengan pemandangan langsung ke Gunung Lembu, Gunung Cupu dan Gunung Parang. Selain pemandangan yang cakep banget, suasana di sini juga sejuk dan bikin betah karna banyak spot foto yang cukup instagramable. Tiket masuk Rp 35.000/orang dan jika ingin renang di kenakan tarif Rp 25.000/orang.

Pasir Langlang Panyawangan

Pasir Langlang Panyawangan dengan nama lain Ujung Aspal adalah hutan pinus yang memiliki luas lahan sekitar 43 hektar dengan pemandangan indah dan udara sejuk yang letaknya di Pusakamulya, Kiarapedes, Purwakarta. Di sini terdapat area camping, Bike Park, Curug Pamoyaran dan Goa Jepang dengan tiket masuknya Rp 8000/orang, tarif parkir motor Rp 5000 dan mobil Rp 10.000.

Bukit Panenjoan

Adanya Bukit Panenjoan ini berawal dari lahan tandus yang di ubah menjadi tempat wisata di Purwakarta dengan nuansa alam yang berada di kampung Cinangka, Sindang Panon, Bojong, Purwakarta. Bukit ini menawarkan pemandangan alam yang  seperti pegunungan, perkebunan teh, sawah, dan waduk Jatiluhur yang bisa di nikmati hanya sekedar bersantai menikmati udara sejuk. Selain itu, readers juga bisa sekaligus berziarah ke makam Syaikh Daka. Untuk tiket masuknya murah Rp 5000/orang, tarif parkir motor Rp 3000 dan mobil Rp 5000.

Galeri Wayang

Tempat wisata satu ini berada di Kompleks Pemda Purwakarta, Jalan Gandanegara nomor 25, Nagri Kidul, Purwakarta. Galeri wayang ini menyajikan berbagai informasi sejarah mengenai perwayangan di Nusantara seperti wayang Betawi, wayang cepak khas Cirebon, wayang suket hingga wayang klitik khas Surabaya. Part paling menarik dari galeri wayang ini yakni pengunjung di perbolehkan memainkan wayang seperti wayang kulit, wayang golek, dan topeng wayang orang. Untuk tiket masuk dari Pemda Purwakarta sudah menggratiskan untuk masyarakat yang ingin datang sehingga readers tidak akan di kenakan biaya sedikitpun.

Cikao Park

Wisata Cikao Park jadi salah satu tempat wisata hits yang terletak di Cisalada, Jatiluhur, Purwakrta. Cikao Park ini setiap akhir pekan selalu ramai di datangi kaum millennials, karna alam di sekitarnya masih asri dan suasana sejuk sehingga betah untuk bersantai di sini. Apalagi terdapat spot foto yang menarik mulai darai taman satwa, water park, bird park, mini zoo, area bermain, gazebo dan taman lampion. Serta yang jadi pusat daya tarik yaitu batu-batuan di cat warna warni. Tiket masuknya cukup Rp 15.000/orang di hari biasa dan Rp 20.000/orang di akhir pekan.

Desa Sejuta Batu

Wisata alam ini di kenal dengan wisata penuh batu alam yang tetap mempertahakan keasliannnya. Berada di Cipeundeuy, Bojong, Purwakarta yang memiliki pemandangan asri dan area menarik seperti area rock climbing, cagar budaya, area camping dan flying fox, area memancing, pendakian gunung serta olahraga offroad. Tiket masuknya gratis, para pengunjung baru di kenakan tarif saat mencoba wahana yang ada.

Wanakula Camp

Wanakula Camp terletak di kaki Gunung Sunda dengan ketinggian sekitar 700 mdpl, Pusakamulya, Kiarapedes, Purwakarta. Wisata alam camping ground satu ini cocok untuk kemah bareng keluarga terutama yang membawa anak. Dengan menawarkan suasana seperti di kampung yang di kelilingi persawahan dan rumah warga. Selain camping di sini readers juga bisa beraktivitas seperti berkebun, bertani, bermain air terjun, barbeque dan api unggun. Untuk penawaran paket camping 2 hari 1 malam Rp 600 ribu sudah termasuk cemilan, makanan, dan pemandu untuk menemani aktivitas. Ada juga paket gowes Rp 850 ribu sudah termasuk camping.

Itu tadi 13 rekomendasi wisata alam atau tempat wisata di Purwakarta yang bisa readers kunjungi saat musim liburan nanti. Jadi readers mau liburan kemana nih? Untuk transportasi saat liburan nanti, readers ga perlu bingung dan repot karna ada jasa sewa bus Jakarta. Sewa bus Jakarta menyediakan armada trasportasi yang aman dan nyaman.

Scroll to Top
Chat Admin Disini