tips liburan sendiri

5 Tips Liburan Sendiri Tanpa Teman Namun Tetap Nyaman

Liburan akhir tahun sudah didepan mata, namun apakah anda sudah mempersiapkan kegiatan liburan anda? Bagi Sebagian orang mungkin waktu libur akan lebih nyaman bersama orang-orang dekat, seperti keluarga, pasangan atau sahabat. Namun, liburan sendiri untuk self healing setelah lelah bekerja dalam 1 tahun bisa menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya liburan, momen itu juga bisa anda manfaatkan untuk evaluasi diri dan merencanakan hal-hal besar untuk dilakukan di tahun depan. Berminat untuk liburan sendiri? Yuk, ketahui dulu 5 tips liburan sendiri tanpa teman namun tetap nyaman berikut ini!

Pertama, Pilihlah Destinasi yang Sesuai untuk Anda

Hal pertama yang harus anda tentukan adalah dimana anda akan berlibur. Ini menjadi sebuah hal yang sangat penting dan harus diketahui sejak awal. Ini akan berpengaruh dengan kualitas liburanmu serta mengetahui berapa uang yang kira-kira akan dikeluarkan, kegiatan apa yang bisa dilakukan dan bagaimana akses ke lokasi tersebut. Jika anda tidak menentukan destinasi dari awal, maka anda akan kebingungan saat liburan. Anda bisa mendapatkan informasi tentang destinasi yang anda tuju dengan melakukan survey

Untuk memilih destinasi liburan terbaik, maka akan sangat tepat jika kamu melakukan survey terlebih dahulu. Bukan mendatangi lokasinya langsung, namun kamu bisa melakukan survey ini secara online dan cepat. Dapatkan informasi terkait dengan destinasi liburan yang kamu kunjungi, termasuk budget yang akan kamu butuhkan untuk perjalanan liburan ini.

Ada banyak situs perjalanan dan juga website sejenis yang bisa kamu kunjungi dengan mudah, sehingga kamu bisa leluasa menimbang dan memilih salah satu destinasi yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta keuangan kamu. Pastikan kamu mendapatkan informasi yang akurat dari situs-situs terpercaya.

2. Jangan Lupa Susun Agenda Perjalanan Anda

Apabila tahap pertama sudah anda tentukan maka selanjutnya anda sudah bisa membuat susunan agenda yang akan anda lakukan dalam perjalanan wisata. Anda bisa mengatur dengan menentukan waktu wisata terlebih dahulu kemudian tentukan transportasi apa yang anda gunakan selanjutnya. Jangan lupa untuk menentukan penginapan yang akan anda gunakan, selalu sesuaikan dengan budget yang anda miliki. Lalu, anda bisa menentukan kegiatan apa saja yang akan anda lakukan selama berwisata di tempat tersebut.

3. Tentukan Budget dengan Benar

Setelah susunan agenda perjalanan selesai di buat, anda perlu menentukan budget yang anda keluarkan untuk kegiatan tersebut. Anda bisa mengetahui total budget yang di butuhkan dari biaya wisata, biaya perjalanan, biaya konsumsi, oleh-oleh dan kegiatan wisata yang anda lakukan. Dengan menentukan budget dari awal maka anda bisa mengetahui dan bisa mempersiapkan uang yang akan anda bawa ketika berwisata. Jangan sampai pengeluaran anda membengkak dan tidak sesuai dengan budget anda. Saat melakukan penghitungan  budget anda perlu memberikan komponen dana tidak terduga di dalamnya. Karena biasanya informasi mengenai harga bisa update dan mengalami kenaikan sewaktu-waktu terlebih jika anda melakukan wisata di akhir tahun.

4. Jangan Lupa Pesan Tiket Segera

Tips liburan sendiri yang ke 4 adalah anda perlu memesan tiket dan mengatur perjalanan anda sesegera mungkin. Jika memang rencana liburanmu sudah fix, anda bisa langsung saja memesan tiket dengan segera. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Biasanya ketikan tiket wisata dan hotel di pesan dari jauh-jauh hari maka harganya masih relative lebih murah di bandingkan jika anda membelinya di waktu-waktu dekat dengan liburan. Selain itu, anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan harga promo yang disediakan oleh layanan tersebut. Banyak hotel dan juga maskapai yang bisa memberikan voucher, penawaran harga terbaik hingga promo yang sangat banyak untuk kegiatan wisata akhir tahun. Hal ini tentu bisa menghemat pengeluaran anda bukan?

5. Menyiapkan Dana Cadangan

Memiliki sejumlah dana darurat menjadi hal yang harus untuk anda siapkan meskipun perhitungan budget anda sudah diatur. Mengapa demikian? Hal ini penting supaya kegiatan wisata anda tidak terganggu dengan masalah keuangan. Memang selalu ada kemungkinan untuk mengeluarkan uang lebih banyak ketika liburan. Hal ini karena harga makanan, oleh-oleh dan berbagai hal lainnya bisa saja meningkat ketika musim liburan. Tentunya ini bisa membuat pengeluaranmu menjadi bengkak. Jangan lupa untuk menyiapkan dana cadangan sebelum liburan ya.

6. Gunakan Uang Dengan Bijak

Ketika sedang berlibur biasanya banyak orang yang memiliki kecenderungan untuk membeli abrang yang tidak diperlukan. Anda harus bijak dalam penggunaan uang dengan menghindari pembelian barang yang tidak perlu. Hal tersebut bisa membuat pengeluaranmu membengkak lebih banyak dengan budget yang sudah anda tentukan sebelumnya. Anda harus berkomitmen untuk menggunakan uang makan dan belanja dengan bijak. Hal ini bisa membuat anda menjadi lebih hemat dan bisa mencegah berbagai pengeluaran yang memang tidak diperlukan. Saat sedang berburu oleh-oleh, anda juga harus membeli seperlunya saja. Jangan sampai anda kalap dengan membeli semua jenis oleh-oleh yang ada di pusat oleh-oleh.

Itulah tips liburan sendiri tanpa teman namun tetap nyaman yang bisa anda gunakan untuk liburan akhir tahun nanti. Anda membutuhkan transportasi liburan? Yuk, gunakan sewa bus Jakarta aja!

 

Scroll to Top
Chat Admin Disini