10 Destinasi Wisata Terbaik Indonesia untuk Dikunjungi di 2023

Destinasi Wisata Terbaik Indonesia

Apakah anda sedang mencari referensi destinasi liburan? Mari simak ulasan berikut karena akan membahas destinasi terbaik Indonesia.

Keindahan surga Indonesia terdiri dari dua bagian yaitu daratan dan lautan. Jika Anda kelilingi tempat wisata di berbagai belahan Indonesia tentunya tak aka nada habisnya karena sangat banyak. Jika anda belum berkunjung ke seluruh Indonesia, tidak disarankan untuk berkunjung ke luar negeri.

Daftar Destinasi Wisata Terbaik Indonesia : 

1. Wakatobi

Destinasi Wisata Terbaik Indonesia

Rekomendasi tempat wisata pertama yaitu Wakatobi yang memiliki keindahan bawah laut yang begitu luar biasa.  Di daerah ini terdapat Pulau Wangi-Wangi. Anda bisa berwisata bawah laut dengan menyelam Bersama instruktur yang bisa anda sewa dengan alat-alat selam. Mata Anda akan dimanjakan dengan keindahan terumbu karang, berbagai kelompok ikan yang berenang Bersama sambal menari-nari. Di Wakatobi ini terdiri dari empat pulau utama yang mengelilingi ada Pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Sama halnya dengan Candi Borobudur, Wakatobi ini juga sudah masuk ke dalam UNESCo sebagai Situs Wisata Warisan Dunia sehingga perlu dilestarikan meskipun menjadi tempat wisata tetap menjaga kebersihan di Wakatobi. Selain itu, Taman Nasional Wakatobi ini merupakan kawasan terumbu karang terluas kedua di dunia yang memiliki luas 13.900 km persegi. Terumbu karang disini memiliki 112 jenis yang berinterkasi dengan berbagai ikan yang akan memanjakan mata anda.

2. Gunung Prau

Destinasi Wisata Terbaik Indonesia

Bagi anda yang memiliki hobi mendaki gunung wajib hukumnya untuk mendaki Gunung Prau karena pemandangan yang disuguhkan semesta sangat memukau. Jika saat cuaca cerah anda akan melihat 3 gunung sekaligus berdiri sejajar dengan megahnya memanggil untuk didatangi. Gunung-gunung tersebut yaitu gunung Sumbing di sisi selatan, gunung Sindoro di tengah, dan Gunung Kembang lebih pendek di sebelah Gunung Sindoro. Selain itu, jika anda sangat beruntung sekali apabila juga terlihat megahnya gunung Andong , Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi di sisi timur, serta gunung Ungaran di utara sendiri.

Akses jalan menuju basecamp mudah, hanya cukup melelahkan jika anda mengendarai sepeda motor karena jalanan Wonosobo-Dieng cukup terjal dan curam. Biaya retribusi di basecamp hanya 30 ribu anda sudah mendapatkan semua fasilitas. Gunung Prau bisa anda kunjungi via basecamp Patak Banteng, via Wates, via Cilembu, via Drawati, via Dieng Kulon, dan masih banyak lagi. Anda sangat disarakan untuk mendirikan tenda camping di puncak sunrise camping area karena pada saat pagi hari anda membuka pintu tenda akan langsung terlihat pemandangan 3 gunung tadi sekaligus.

Baca Juga : Info Lengkap Wisata Tigaras: Lokasi, Spot, Hingga Harga Tiket Masuk

3. Bunaken

Destinasi Wisata Terbaik Indonesia

Destinasi wisata bawah laut yang wajib direkomendasikan kepada anda berikutnya yaitu Bunaken. Pemandangan laut, air yang berwarna hijau kebiruan ini akan memanjakan mata anda selama berada dibawah laut. Anda dapat berkelilingi disana menggunakan perlengkapan selam yang memadai di penyewaan. Anda bisa berenang kesana kemari sambil berfoto ria Bersama kawanan ikan yang menari-nari, anemone laut, gurita, bintang laut, terumbu karang, dan sumber daya laut lainnya yang tak aka nada habisnya.

4. Gunung Lawu

Destinasi Wisata Terbaik Indonesia

Gunung Lawu ini terkenal dengan kemistisannya, karena setiap rombongan pendaki akan diikuti oleh seorang burung gagak selama perjalanan. Burung tersebut merupakan buruk yang baik yang akan mengantarkan Anda sampai puncak melalui jalan yang benar. Jika anda mendaki via basecamp Candi Cetho, maka anda akan disuguhkan oleh wisata Candi cetho dengan icon 2 gapura berjajar seperti candi-candi di Bali. Tentunya jika masuk ke candi Cetho membayar retribusi snediri karena berbeda dengan retribusi pendakian. Track dari basecamp sampai pos satu masih jalan setapak semen yang cukup rata dan landau. Di pos 1 ini anda masih bisa menjumpai WC dan Candi Kethek. Naik sedikit, anda akan menjumpai mata air yang memiliki 7 pancuran yang dianggap suci dan 2 buah payung. Uniknya setiap pos via candi cetho ini akan ada tempat sesajen sehingga anda dihimbau untuk berhati-hati apabila melewatinya.

Gunung ini sangat terkenal dengan Padang Sabana nya di pos 5, disini anda akan banyak menjumpai beri-beri yang sangat enak tetapi rasanya masam. Anda bisa sepuasnya swafoto di padang sabana ini karena sangat luas dan eksotis. Jangan lupa mampir makan di warung pecel Mbok Yem di Argodumilah karena sangat enak. Makan sambal ditemani kembaran Anda Si Temon. Jika anda telah melihat sebuah tugu yang berdiri gagah dengan bendera maka anda sudah sampai di puncak Gunung Lawu. Di puncak gunung lawu ini juga terdapat sesajen yang merupakan tempat ibadah masyarakat sekitar Gunung Lawu. Jadi jika anada kebetulan berbarengan dengan peziarah sudah sepantasnya untuk menghormati orang yang ibadah terlebih dahulu daripada mengambil swafoto.

5. Labuan Bajo

Destinasi Wisata Terbaik Indonesia

Rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi pada tahun 2023 ini anda harus ke Labuan Bajo. Disana terdapat sebuah pulau yang pemandangannya sangat menakjubkan. Untuk menikmatinya, anda harus sedikit berusaha menaiki sebuah bukit, sesampainya diatas bukit anda akan menyaksikan genangan air yang cukup luas yang dibelakangnya juga ada perbukitan. Jadi anda bisa mendapatkan 2 pemandangan sekaligus antara lautan dan perbukitan seperti view di gunung Semeru. Jika anda saat fajar anda bisa menyaksikan semburat orange kecerahan cahaya matahari yang malu-malu sedikit demi sedikit muncul dari ufuk timur. Sedangkan, pada sore hari anda juga bisa menyaksikan sunset yang begitu indah di waktu senja berganti ke malam.

6. Gunung Kembang

Destinasi Wisata Terbaik Indonesia

Jika anda mendaki gunung ini via Blambangan maka anda akan melewati kebun teh yang sangat asri. Hutan di gunung Kembang ini masih sangat rimbun dan lebat, bahkan hewan-hewan liar seperti babi masih sering menggganggu pendaki. Meskipun, gunung ini hanya memiliki ketinggian 2323 mdpl, tetapi track nya cukup terjal. Sangat tidak disarankan bagi anda apabila mendaki ke gunung ini pada musim hujan sangat licin. Akan tetapi, jangan khawatir keindahan di puncak gunung Kembang ini sangat membuat candu. Background foto anda bisa berdiri sangat dekat ada gunung Sindoro sehingga kerap kali gunung ini dianggap anak gunung sindoro karena terlalu dekat. Di bawah camping area terdapat sebuah cekungan yang sangat besar sseperti cekungan kawah tteapi tidak ada kawah aktif disitu hanya ditumbuhi padang sabana yang sangat luas serta ada cekungan kecil seperti mata air.

Baca Juga : 8 Tempat Wisata Jombang Ngehits dan Instagramable

7. Tangkuban Perahu

Destinasi Wisata Terbaik Indonesia

Rekomendasi tempat wisata yang terakhir yaitu Tangkuban Perahu.  Tentunya taka sing lagi bagi anda keindahan salah satu wisata di Bandung ini yang berada di daerah dataran tinggi. Disana suasananya masih sangat asri, sejuk, dan dingin. Bagi anda wisatawan luar daerah yang ingin staycation untuk beberapa hari jangan khawatir karena tersedia villa dan homestay yang disewakan disekitar Tangkuban Perahu ini yang tentunya affodorable di kantong anda.

8. Kelingking Beach

Destinasi Wisata Terbaik Indonesia

Klingking Beach ini terletak di Nusa Penida, Bali. Pulau ini patut direkomendasikan sebagai destinasi wisata Indonesia karena bentuknya unik seperti dinosaurus. Anda bisa mengambil foto dengan bacground tebing ini di tangga karena akan terlihat sangat jelas bentuk dan pantainya. Untuk menikmati pantai dengan pasir putihnya anda harus ber-effort lebih dengan menuruni puluhan anak tangga hingga pantai yang sangat indah dengan jernihnya air laut.

9. De Djawatan Benculuk

Destinasi Wisata Terbaik Indonesia

Destinasi wisata terbaik Indonesia selanjutnya yaitu De Djawatan Benculuk. Wisata ini terletak di Banyuwangi, Jawa Timur. Memasuki kawasan ini anda akan merasakan betapa hijaunya pepohonan, rindang, rimbun, asri, sejuk, segar yang dihiasi pohon trembesi. Pohon ini sangat unik cabang batangnya tumbuh melebar dan berkelok dengan ditumbuhi benalu di pohonnya menambah keestetikan. Anda tak perlu datang ke hutan belantara untuk melihat pepohonan tinggi yang rimbun cukup ke De Djawatan Benculuk saja.

10. Pink Beach

Destinasi Wisata Terbaik Indonesia

Pink Beach merupakan destinasi wisata terbaik Indonesia yang berada di Nusa Tenggara. Pasir di pesisir pantai ini berwarna pink atau merah jambu. Tentunya tambah cantik lagi apabila didukung oleh cuaca cerah saat sore hari dengan langit senja berwarna merah jambu semu ungu seperti pada gambar di atas. Anda bisa berkeliling sekitar pantai dengan menaiki kano atau perahu kecil.

Demikian rekomendasi destinasi wisata terbaik Indonesia yang wajib masuk ke wishlist wisata anda di 2023 dengan resolusi baru yang lebih baik.

Scroll to Top
Chat Admin Disini