Info Lengkap Wisata Coban Putri Batu

Info Lengkap Wisata Coban Putri Batu

Tak ada habisnya ketika kita membicarakan wisata alam di Kota Malang. Salah satu wisata alam yang patut Anda kunjungi yaitu wisata air terjun Coban Putri.

Air terjun Coban Putri merupakan destinasi wisata alam yang terletak di Kota Batu, Malang. Objek wisata ini belum terlalu ramai oleh pengunjung. 

Meskipun demikian, fasilitas dan keindahan alam di air terjun ini tidak akan membuat Anda kecewa. 

Tertarik mengunjungi air terjun ini? Simak informasi mengenai air terjun Coban Putri berikut ini, yuk. 

Sekilas Informasi Mengenai Air Terjun Coban Putri

Kota Batu yang dikelilingi oleh beberapa gunung ini menyimpan wisata air terjun yang begitu memukau. Contohnya yaitu Coban Putri. 

Lokasi air terjun ini berdekatan dengan air terjun Coban Rais. Keduanya hanya dipisahkan oleh jarak sekitar 1,5 km. 

Perbedaan kedua air terjun tersebut yaitu ketinggian air terjun Coban Putri masih berada di bawah air terjun Coban Rais. Selain itu, akses jalan yang Anda tempuh untuk mencapai Coban Putri juga tidak terlalu jauh. 

Dari pintu masuk, Anda hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 400 meter. Jalan menuju air terjun ini juga masih bisa dilalui oleh kendaraan. 

Coban Putri memiliki dua air terjun dengan ketinggian yang berbeda. Salah satu air terjun memiliki ketinggian 20 meter, sedangkan satu air terjun lainnya memiliki ketinggian 15 meter. 

Coban Putri berada di lembah sekitar Gunung Panderman. Air terjun ini memiliki tebing batu yang tidak beraturan. 

Oleh karena itulah, air yang jatuh melalui tebing tersebut akan tampak lebih indah. Kolam yang terbentuk di bawah air terjun ini juga relatif dangkal dan tenang. 

Anda juga bisa menikmati keindahan air terjun ini dari gardu pandang yang berada di atas lembah. 

Aktivitas di Coban Putri yang Bisa Anda Lakukan

Selain menikmati keindahan alam dan berfoto, apa, saja sih kegiatan yang bisa dilakukan di Coban Putri? Berikut adalah beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke air terjun ini.

1. Bersantai Menikmati Keindahan Alam

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan adalah bersantai dan menikmati keindahan alam di air terjun ini. 

Setelah melewati hari-hari yang sibuk dan melelahkan, mendengar suara gemericik air dengan pemandangan air terjun dan pepohonan di sekitarnya akan menjadi healing terbaik bagi Anda.

2. Berfoto

Aktivitas kedua yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu berfoto di spot-spot menarik objek wisata ini. 

Salah satu spot foto yang bisa Anda coba yaitu spot ayunan kembar. Ayunan ini menghadap langsung ke arah dua air terjun. 

Selain ayunan kembar, Anda juga bisa berfoto di jembatan bambu atau bendungan dengan latar pemandangan air terjun yang cantik. 

Ada juga spot foto gardu pandang berbentuk bintang dan tangan. Jika berfoto di spot ini, Anda akan mendapatkan pemandangan lembah hijau yang ditumbuhi pohon pinus.

3. Bermain Air

Di air terjun, Anda juga bisa puas bermain air. Sebab, kedalaman kolam yang berada di bawah air terjun ini hanya sebatas paha orang dewasa sehingga aman untuk anak-anak. 

Airnya pun tenang, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan terseret arus air.

4. Outbound

Jika Anda menyukai aktivitas yang menantang, tempat wisata ini juga menyediakan aktivitas outbound

Salah satu aktivitas outbond di Coban Putri yaitu rock climbing. Nantinya, Anda akan menaiki tebing batu yang berada di air terjun ini. 

Tenang saja, Anda akan menggunakan peralatan lengkap dan sudah terjamin keamanannya. 

Selain rock climbing, tempat wisata ini juga menyediakan wahana flying fox. Lintasan wahana ini akan melewati aliran sungai yang berasal dari Coban Putri. Jadi, Anda bisa sekaligus menikmati keindahan air terjun ini dari ketinggian.

5. Camping

Bagi Anda yang ingin merasakan suasana malam di Coban Putri, Anda bisa mencoba camping di camping ground yang telah disediakan oleh pengelola objek wisata ini. 

Namun, pihak pengelola belum menyediakan jasa sewa peralatan camping. Oleh karena itu, Anda perlu menyiapkan peralatan itu sendiri.

6. Offroad

Aktivitas menantang lainnya yang bisa Anda coba yaitu offroad dengan mobil jeep yang sudah disiapkan oleh pengelola tempat wisata ini. Mobil jeep ini akan membawa Anda untuk menyusuri hutan pinus di sekitar air terjun sejauh 2 km. 

Karena offroad, tentunya jalan yang Anda tempuh tidak akan mulus. Anda akan melewati jalan dengan gundukan tanah yang tidak rata bahkan berlubang. 

Tiket Masuk 

Untuk memasuki objek wisata Coban Putri, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Cukup dengan Rp10.000 Anda sudah bisa memasuki air terjun ini. 

Untuk biaya parkir, Anda harus membayar sebesar Rp3.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Jika Anda ingin berfoto di spot gardu pandang, Anda perlu membayar Rp10.000. Sementara, untuk menyewa jeep Anda perlu membayar Rp35.000.

Jam Buka

Objek wisata Coban Putri buka setiap hari dari jam 09.00 hingga 17.00 WIB. 

Jika ingin suasana yang tidak terlalu ramai, Anda bisa mengunjungi air terjun ini pada pukul 3 hingga 5 sore. Selain itu, jika Anda ingin mendapatkan pemandangan air terjun dan pepohonan yang indah, datanglah ketika musim pancaroba. 

Penutup

Demikian ulasan mengenai objek wisata Coban Putri. Ajaklah teman, keluarga, atau pasangan Anda untuk menikmati suasana menenangkan di air terjun ini.

Scroll to Top
Chat Admin Disini