Wisata Batu Angkruk Dieng, yang Lagi Ngetrend

Wisata Batu Angkruk Dieng, yang Lagi Ngetrend

Wonosobo merupakan salah satu daerah yang terkenal akan wisata alamnya. Salah satu wisata alam kekinian di Wonosobo yang wajib Anda datangi yaitu wisata Batu Angkruk Dieng

Batu Angkruk Dieng merupakan wisata alam yang cocok bagi Anda yang menyukai kegiatan berfoto. Di tempat wisata ini, Anda tidak hanya disuguhkan pesona alam saja. Ada beragam spot foto instagramable yang bisa Anda gunakan agar foto terlihat semakin cantik. 

Tertarik berkunjung ke Batu Angkruk Dieng? Yuk, simak informasi berikut ini terlebih dahulu. 

Daya Tarik Wisata Batu Angkruk Dieng

Tempat wisata dengan pemandangan yang cantik selalu berhasil menarik minat masyarakat untuk mengunjunginya. Selain menikmati pemandangan alam, ada beragam aktivitas menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di Batu Angkruk Dieng. 

Apa saja kegiatan menarik itu? Berikut adalah beberapa contohnya.

1. Menikmati Pemandangan Sunrise

Salah satu tempat untuk mendapatkan pemandangan sunrise yang cantik yaitu Bukit Sikunir. Namun, ternyata ada spot sunrise lainnya di daerah Dieng ini. 

Bagi Anda yang suka menyaksikan pemandangan sunrise dengan ditemani hawa sejuk pegunungan, Batu Angkrik Dieng ini bisa menjadi pilihannya. 

2. Berfoto

Kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan di Batu Angkruk Dieng ini yaitu berfoto. Mengabadikan momen ketika berkunjung ke suatu tempat merupakan aktivitas yang tidak boleh Anda lewatkan. 

Di Batu Angkruk Dieng ini, ada beragam spot foto kekinian yang akan membuat foto Anda terlihat semakin estetik ketika diunggah di media sosial. 

Salah satu spot foto paling terkenal di tempat wisata ini yaitu teras kaca. Teras kaca ini banyak digunakan oleh pengunjung untuk berfoto dengan latar belakang pemandangan alam yang tampak mempesona. 

Selain teras kaca, ada juga beberapa spot foto lainnya. Misalnya taman bunga, gazebo, ayunan, dan sebagainya. 

3. Piknik di Rest Area

Kegiatan terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu piknik di rest area tempat wisata ini. Di rest area ini, Anda bisa beristirahat sekaligus menikmati rangkaian Gunung Sindoro-Sumbing. 

Anda juga bisa menemukan beragam kuliner di rest area ini. Beberapa makanan dan camilan khas Wonosobo bisa Anda temukan disini.

Fasilitas Wisata Batu Angkrik Dieng

Batu Angkrik Dieng merupakan destinasi wisata baru di Wonosobo. Meskipun demikian, jangan khawatir dengan fasilitas di tempat ini. 

Berikut adalah beberapa fasilitas yang ada di tempat wisata ini. 

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo
  • Taman bunga
  • Spot foto
  • Warung makan
  • Pusat oleh-oleh

Salah satu fasilitas favorit di tempat wisata ini yaitu spot foto teras kaca. Di teras kaca ini, Anda bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan serta pantulan cahaya pada kaca yang membuat foto semakin estetik. 

Harga Tiket Masuk 

Untuk memasuki kawasan wisata Batu Angkruk Dieng, Anda harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Tenang saja, harga tiket masuk ke kawasan ini sangat murah. 

Berikut ini adalah rincian biaya tiket masuk, parkir kendaraan, dan spot foto di tempat ini. 

  • Tiket Masuk : Rp2.000
  • Parkir Motor : Rp2.000
  • Parkir Mobil : Rp5.000
  • Spot Foto : Rp5.000-Rp20.000

Sebagai informasi tambahan, harga di atas bisa tiba-tiba berubah tergantung kebijakan pengelola wisata. 

Jam Operasional

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu daya tarik Batu Angkrik Dieng yaitu pemandangan matahari terbit. Oleh karena itu, jam operasional wisata ini juga dibuka sejak pagi. 

Anda bisa mengunjungi tempat ini pada pukul 04.00 WIB hingga 19.00 WIB. Tempat wisata ini buka setiap hari dari Senin hingga Minggu, bahkan di hari libur nasional pun wisata ini tetap dibuka.

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Batu Angkrik Dieng

Batu Angkrik Dieng berada di Jalan Raya Wonosobo-Dieng. Jalur ini merupakan jalur yang digunakan kendaraan untuk ke Dieng maupun turun ke Wonosobo. 

Untuk lebih tepatnya, Batu Angkrik Dieng ini berada di Jalan Dieng, Rejosari, Tambi, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. 

Dari pusat Kota Wonosobo atau Alun-alun Wonosobo, Anda bisa mengarahkan kendaraan menuju Jalan Pemuda lalu teruskan menuju Jalan Dieng. Setelah itu, Anda hanya perlu mengikuti jalan hingga mencapai Gardu Pandang Tieng.

Sekitar 1 km dari Gardu Pandang Tieng tersebut, Anda akan menemukan lokasi rest area, pusat oleh-oleh sekaligus tempat wisata Batu Angkrik Dieng di sebelah kanan jalan. 

Agar tidak tersesat, Anda juga bisa menggunakan bantuan Google Maps. 

Sebelum menuju lokasi wisata ini, pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik. Sebab, jalur yang dilalui cukup ekstrim dan memiliki banyak tanjakan. 

Penutup

Demikian informasi mengenai Batu Angkrik Dieng. Bagi Anda yang ingin menyewa bus untuk bepergian, Anda bisa mengunjungi Andarabus.

Scroll to Top
Chat Admin Disini