Bukit Sikunir Dieng, Wisata Camping bagi Pemula

Bukit Sikunir Dieng, Wisata Camping bagi Pemula

Ingin mencoba mendaki tapi belum memiliki pengalaman? Yuk, coba wisata di Bukit Sikunir Dieng

Dieng merupakan salah satu kawasan wisata di Jawa Tengah yang banyak dikunjungi. Di daerah Dieng ini, ada satu bukit bernama Sikunir yang cukup populer. 

Di bukit ini, ada bisa merasakan pengalaman camping dan hiking. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan Telaga Cebong dan pemandangan matahari terbit. 

Jika Anda tertarik mengunjungi wisata ini, berikut adalah beberapa informasi seputar Bukit Sikunir. 

Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir terletak pada ketinggian 2.463 mdpl. Namun, tenang saja, jalur pendakian bukit ini tidak terlalu panjang karena masih ada pedesaan di sekitarnya.

Desa tersebut bernama Desa Sambungan. Berada pada ketinggian 2.300 mdpl, membuat desa ini bisa dikatakan sebagai desa tertinggi di pulau Jawa. 

Karena letaknya yang cukup tinggi, suhu udara di bukit ini sangat dingin berkisar antara 15 hingga 10 derajat Celcius. 

Meskipun demikian, Bukit Sikunir ini begitu diminati oleh wisatawan. Di tempat wisata ini Anda bisa merasakan sensasi dan keindahan saat mendaki tanpa harus melewati jalur pendakian yang begitu panjang. 

Daya Tarik Bukit Sikunir Dieng

Apa sih yang membuat Bukit Sikunir ini memiliki banyak pengunjung? Berikut ini adalah beberapa daya tarik Bukit Sikunir Dieng

1. Pemandangan Sunrise yang Indah

Puncak Sikunir terkenal akan pemandangannya yang begitu menawan. Dari puncak bukit ini, pengunjung bisa melihat beberapa gunung tinggi di Jawa, seperti Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Prau, dan Kembang. 

Pemandangan gunung-gunung ini akan tampak lebih cantik ketika pagi hari. Kabut tipis yang menyelimuti puncak ditambah dengan cahaya matahari pagi membuat pemandangan sunrise di bukit ini tampak semakin indah. 

2. Jalur Pendakian Mudah

Untuk mencapai puncak Bukit Sikunir, Anda perlu mendaki kurang lebih selama 30 menit dengan kecepatan normal. 

Bukit Sikunir ini banyak dijadikan sebagai jalur pendakian bagi para pendaki pemula sebelum mereka mendaki di gunung yang lebih tinggi. Alasannya, karena di Bukit Sikunir ini jalur pendakian tidak terlalu berat. Jalur pendakian sudah dibuat jalan setapak dan tangga dari tanah. 

Namun, Anda tetap perlu berhati-hati. Sebab, terkadang jalan tersebut bisa lebih licin. Selain itu, jalur cukup sempit sehingga akan terasa sesak ketika pengunjung membludak. 

3. Pengalaman Berkemah

Untuk menikmati sunrise di puncak Bukit Sikunir, ada 2 opsi yang bisa Anda pilih. Berangkat sejak pagi buta atau berangkat malam hari lalu mendirikan tenda di dekat Telaga Cebong. 

Suhu malam hari di tempat ini cukup dingin. Sehingga, ketika Anda memutuskan untuk berkemah, pastikan Anda telah  membawa beberapa peralatan keamanan. Misalnya jaket, flysheet tenda, sleeping bag, serta emergency blanket. 

4. Sensasi Memancing di Telaga Cebong

Selain menikmati keindahan Telaga Cebong, ada aktivitas lain yang bisa Anda lakukan disini. Di tempat ini Anda bisa memancing ikan untuk dibawa pulang atau dilepas kembali. 

Beberapa jenis ikan yang bisa Anda temukan di telaga ini yaitu ikan mas, wader, graskap, dan sebagainya. 

Bagi pengunjung yang ingin memancing, peralatan yang boleh digunakan hanyalah kail pancing dan joran. Penggunaan jaring, pukat harimau, dan peralatan memancing berbahaya lainnya tidak diizinkan untuk digunakan. 

5. Kuliner Khas Dieng

Ketika Anda berkunjung ke Bukit Sikunir, jangan lewatkan untuk mencicipi makanan khas Dieng. 

Beberapa warung di kawasan wisata ini menyajikan makanan dan minuman khas Dieng. Misalnya tempe kemul dan carica. 

Jika Anda berkendara sedikit jauh dari Sikunir, Anda bisa menemukan mie ongklok dan semur kentang khas Dieng.  

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke kawasan wisata ini cukup terjangkau. Berikut adalah rincian biaya tiket masuk.

  • Tiket masuk wisata : Rp15.000
  • Izin mendirikan tenda : Rp10.000
  • Parkir motor : Rp5.000
  • Parkir  mobil : Rp10.000
  • Harga makanan dan minuman : Mulai dari Rp5.000

Sebagai tambahan informasi, harga di atas bisa sewaktu-waktu berubah tergantung kebijakan pengelola wisata.

Jam Operasional

Sebagai tempat yang terkenal akan pemandangan sunrise, Bukit Sikunir dibuka mulai pukul 02.00 WIB hingga 18.00 WIB. 

Ada baiknya Anda berkunjung ke tempat ini ketika musim kemarau di bulan April hingga Agustus. Pada bulan-bulan tersebut lamgit terlihat cerah dan tidak terlalu banyak kabut sehingga Anda bisa melihat pemandangan dengan jelas. 

Namun, pada musim kemarau, biasanya suhu di malam hari akan terasa sangat dingin. Oleh karena itu, jangan lupa membawa jaket dan peralatan keamaan lainnya. 

Lokasi

Bukit Sikunir terletak di Desa Sambungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Jarak dari pusat Kota Wonosobo ke tempat wisata ini, sekitar 22 km dan dapat ditempuh kurang lehih selama 1 jam. 

Akses kendaraan juga cukup mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan sewaan. Sebab, belum ada kendaraan umum yang bisa mengantarkan ke lokasi wisata ini. 

Penutup

Demikian informasi mengenai wisata Bukit Sikunir. Semoga bermanfaat. 

Scroll to Top
Chat Admin Disini