4 Tempat Wisata Rajagaluh yang Wajib Dikunjungi

4 Tempat Wisata Rajagaluh yang Wajib Dikunjungi

Memiliki rencana berlibur ke Jawa Barat, tapi bingung mau pergi kemana? Ada tempat wisata Rajagaluh yang sangat menarik dan wajib Anda kunjungi. 

Wilayah Rajagaluh

Kabupaten Majalengka memiliki 26 kecamatan. Salah satunya yaitu Rajagaluh. 




Kecamatan Rajagaluh memiliki luas wilayah 34 km². Wilayah kecamatan yang berada di sebelah timur Majalengka ini terbagi menjadi 13 desa. 

Secara geografis, wilayah Rajagaluh berada di daerah dataran rendah. Itulah mengapa kebanyakan masyarakat di wilayah ini bekerja sebagai petani, pegawai negeri, pengrajin, pedagang, maupun peternak. 

Rekomendasi Tempat Wisata Rajagaluh

1. Cikadongdong River Tubing

Rekomendasi tempat wisata di Rajagaluh yang pertama yaitu Cikadongdong River Tubing. Wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai aktivitas yang penuh tantangan dan memacu adrenalin. 

Tubing merupakan kegiatan susur sungai dengan menggunakan ban kendaraan yang telah dimodifikasi. Sudah banyak objek wisata yang membuka wisata tubing seperti ini.

Sebagai salah satu aktivitas yang memacu adrenalin, kegiatan tubing perlu dilakukan dengan peralatan yang terjamin keamanan dan keselamatannya. Oleh karena itu, ketika melakukan aktivitas ini, Anda akan diwajibkan menggunakan pakaian pelindung khusus dan mengenakan helm untuk menjaga dari benturan batuan yang ada di sungai. 

Kini, wahana tubing juga hadir di Majalengka. Wahana tubing ini berada di Sungai Cikadongdong. Aliran air di sungai ini begitu jernih dan segar karena berasal dari Gunung Ciremai. 

Untuk menuju ke lokasi wisata, pastikan kendaraan dalam keadaan baik. Sebab, jalur menuju wisata tubing ini Anda akan melalui banyak jalur tanjakan. 

Kondisi jalan menuju lokasi juga tidak begitu lebar dan hanya muat untuk satu mobil saja. Jadi, akan lebih baik jika Anda menggunakan kendaraan roda dua. 

Cikadongdong River Tubing ini buka setiap hari kecuali hari Senin dan Jumat. Wisata ini buka dari pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Di akhir pekan, wisata tubing ini akan dibuka lebih pagi. 

Tiket untuk menikmati wahana tubing ini cukup terjangkau. Ketika weekdays, harga tiket wisata ini Rp25.000. Sementara untuk weekend dan hari libur, tiket wisata ini Rp30.000. 

tempat wisata rajagaluh tubing

2. Petilasan Prabu Siliwangi

Rekomendasi wisata di Rajagaluh selanjutnya yaitu Petilasan Prabu Siliwangi. Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan pemandangan alam saja, tetapi juga sejarah. 

Petilasan merupakan tempat singgah, bertapa, berdiam, atau tempat tinggal. Wisata ini merupakan petilasan dari Raja Padjajaran, yaitu Prabu Siliwangi. 

Tempat wisata ini selalu ramai oleh pengunjung. Tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal, Petilasan Prabu Siliwangi ini juga terkenal di kalangan wisatawan luar kota. Biasanya, jumlah pengunjung yang datang akan lebih banyak pada malam Jumat Kliwon, weekend, dan hari libur. 

Di petilasan ini, Anda bisa menikmati pemandangan alam sekaligus jejak petilasan Prabu Siliwangi. Ada juga telaga cantik yang membolehkan pengunjungnya untuk berenang disini. 

Salah satu keunikan di tempat wisata ini yaitu adanya batu besar yang diduga menjadi batu petilasan untuk Prabu Siliwangi bertapa. Untuk melihat batu ini, pengunjung harus meminta bantuan kepada juru kunci di tempat wisata. Juru kunci akan menemani sekaligus membukakan ruangan tempat batu petilasan tersebut disimpan. 

Selain menikmati pemandangan dan peninggalan bersejarah, ada juga wahana yang bisa Anda coba di tempat wisata ini. Misalnya seperti kolam renang, sepeda air, tempat camping, outbound, serta pancuran selendang bidadari. 

Wisata petilasan ini berada di Desa Padjajaran, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Untuk tiket masuk, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp15.000 saja. 

3. Aryakibans Land

Selanjutnya ada tempat wisata Aryakibans Land. Sedikit informasi, tempat wisata ini dulunya merupakan tempat pembuangan sampah warga. Berkat kepedulian warga, tempat wisata ini dibersihkan dan direnovasi sehingga berubah menjadi lebih rapi dan bersih. 

Aryakibans Land merupakan taman bermain yang cocok untuk berlibur bersama keluarga. Di tempat ini ada dua kolam renang anak yang airnya berasal dari mata air. Sehingga air kolam tersebut bebas dari kaporit. 

Selain kolam renang, ada juga dua kolam terapi ikan dan satu kolam ikan hias. 

Lokasi wisata ini berada di Desa Kumbung, Rajagaluh Kidul, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. 

Wisata Aryakibans Land buka setiap hari Senin hingga Minggu. Anda bisa berkunjung ke tempat ini dari pukul 08.00-16.30 WIB. 

Tiket masuk untuk anak-anak yaitu Rp5.000. Sementara untuk orang dewasa, Anda cukup membayar sebesar Rp7.000.

4. Bumi Perkemahan Cidewata

Rekomendasi wisata yang terakhir yaitu Buper Cidewata. Wisata ini cocok bagi Anda yang menyukai aktivitas camping di alam terbuka. 

Camping di tempat wisata ini, Anda akan disuguhkan pemandangan alam tanah pasundan yang begitu indah. Di tempat ini, ada banyak pepohonan seperti pohon pinus, pakis, suren, eukaliptus, harendong, dan puspa yang membuat kawasan wisata menjadi asri dan sejuk. 

Bagi Anda yang suka berfoto jangan lewatkan untuk mengabadikan susunan pohon pinus yang tampak cantik dan estetik. Selain menikmati pemandangan dan berfoto, di tempat wisata ini juga ada ayunan, outbound, dan sepeda gunung yang bisa Anda coba. 

Untuk berkemah di tempat ini, Anda juga tidak perlu repot-repot membawa peralatan dari rumah. Pihak pengelola wisata telah menyediakan fasilitas camping seperti tenda, sleeping bag, hammock, dan alas. Fasilitas seperti mushola, kamar mandi, toilet, dan warung juga sudah tersedia disini. 

Lokasi Buper Cidewata ini berada di Desa Payung, Rajagaluh, Majalengka. Diapit dua hulu sungai, yaitu Sungai Cidewata dan Sungai Ciwaringin membuat suasana tenang di tempat camping ini semakin terasa. 

Penutup

Itu dia beberapa rekomendasi wisata di Rajagaluh. Jadi, tempat wisata mana yang akan Anda kunjungi?

Scroll to Top
Chat Admin Disini