Teh Tambi

Wisata Tambi Wonosobo: HTM, Jam Buka, Hingga Rutenya

Selain Dieng, ada wisata alam apa di Wonosobo? Bagi Anda yang sedang berlibur di Jawa Tengah, Anda bisa mengunjungi wisata Tambi Wonosobo.

Wisata Tambi merupakan wisata kebun teh yang ada di Jawa Tengah. Udara sejuk dan pemandangan Gunung Sindoro yang terlihat dari perkebunan ini bisa menjadi penghilang penat yang ampuh. 

Tertarik berkunjung ke kebun teh Tambi? Simak informasi seputar wisata Tambi berikut ini, yuk.

Wisata Tambi Wonosobo

Kebun teh Tambi berada di ketinggian 1500 mdpl. Luas kebun teh ini sekitar 829.14 hektar. 

Kebun teh ini dibagi menjadi 3 unit, yaitu unit Tambi, unit Tanjungsari, dan unit Bedakah. 

Awalnya, kebun teh ini milik pemerintah Belanda dan telah dikelola sejak tahun 1885. Pada saat itu, kebun teh ini bernama Bagelen Thee & kina Maatschappij dan dikelola oleh NV John Peet.

Pada tahun 1945, kebun teh ini berpindah tangan ke pemerintah Indonesia. Namun, akibat perjanjian Konferensi Meja Bundar, kebun teh ini dikembalikan ke pemilik sebelumnya. 

Pada tahun 1954, kebun teh ini dijual kembali ke pemerintah daerah Wonosobo. Sejak saat itu nama pengelolaan kebun teh ini berganti menjadi NV. Tambi dan akhirnya sekarang dikenal menjadi PT. Tambi. 

Daya Tarik Wisata Tambi Wonosobo

Selain menikmati pemandangan kebun teh, ada berbagai kegiatan di wisata ini yang bisa Anda lakukan. Apa saja itu? Berikut adalah penjelasannya. 

1. Menikmati Pemandangan Alam

Daya tarik wisata ini yaitu pemandangan kebun teh yang hijau serta pegunungan di sekitarnya. 

Di tempat ini, Anda bisa melihat pemandangan pohon teh yang rapi dengan celah jalan kecil. Selain itu, Anda juga bisa melihat pemandangan Gunung Sindoro serta perbukitan yang tampak cantik saat terkena sinar matahari. 

Suasana kebun yang asri dan nyaman, bisa Anda gunakan untuk piknik. Menggelar tikar dan menikmati bekal serta berbincang dengan teman atau keluarga akan sangat menyenangkan untuk dilakukan. 

2. Mengikuti Kegiatan Tea Walk

Pengelola wisata ini juga menyediakan paket tour, salah satunya yaitu Tea Walk. Tour ini akan mengajak Anda untuk berkeliling kebun teh dengan rute berjarak 1 km hingga 6 km. 

Selain menikmati keindahan perkebunan teh dan pepohonan, Tea Walk ini juga bisa menjadi kegiatan edukatif. Selama tour ini, pemandu wisata akan menemani sekaligus menjelaskan mengenai berbagai teh maupun sejarah perkebunan ini berdiri. 

Selain itu, Anda juga bisa belajar bagaimana cara memetik daun teh melalui tour ini. 

tea walk wisata tambi wonosobo

3. Mengikuti Factory Tour

Selain Tea Walk, paket tour di wisata ini juga meliputi Factory Tour. Pada Factory Tour ini, Anda akan diajak untuk belajar langkah-langkah daun teh diproses di pabrik. 

Daun teh yang telah dipetik dan kering biasanya akan dikumpulkan dan dikeringkan melalui alat khusus. Tujuannya agar teh bisa mengeluarkan aroma, warna, dan rasa yang khas. Selain itu, proses pengeringan ini juga akan membuat teh bisa bertahan lebih lama. 

factory tour wisata tambi wonosobo

4. Bersepeda

Bagi Anda yang suka berolahraga terutama bersepeda, wisata kebun teh ini cocok bagi Anda. 

Kontur perkebunan ini bergelombang dan memiliki beberapa tanjakan sehingga banyak dimanfaatkan untuk bersepeda. 

Jalurnya terdiri dari jalur tanah kering dan bebatuan. Jalannya pun cukup lebar sehingga tidak akan mengganggu aktivitas pemetik daun teh. 

5. Outbound

Tempat wisata ini juga menyediakan wahana outbound yang cocok untuk menambah keseruan. 

Outbound ini menyediakan beberapa wahana, seperti flying fox yang aman untuk orang dewasa maupun anak-anak. 

Flying fox ini akan membawa Anda meluncur dari pohon di atas bukit menuju lembah. Sembari meluncur, Anda bisa melihat pemandangan kebun yang cantik. 

6. Menginap

Tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas berupa penginapan. Penginapan ini juga sering digunakan untuk acara gathering atau rapat perusahaan. 

Bagi Anda yang ingin mencoba suasana yang berbeda, Anda juga bisa mendirikan tenda di camping ground yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata. 

7. Berfoto

Ketika mengunjungi suatu tempat wisata, berfoto merupakan kegiatan yang tidak boleh lupa untuk dilakukan. 

Di kebun teh ini, Anda bisa berfoto di atas jembatan bambu kuning yang membentang di atas perkebunan teh. Foto terlihat semakin cantik dengan latar belakang Gunung Sindoro yang tampak jelas dari perkebunan ini. 

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke kawasan wisata ini sangat terjangkau. Jika Anda berkunjung secara rombongan, ada juga paket wisata yang bisa Anda pilih. 

  • Tiket Masuk Wisatawan : Rp8.000.
  • Paket Tour Standar (10 orang) : Rp27.000 per orang. 
  • Paket Tour Eksklusif (20 orang) : Rp55.000 per orang.
  • Paket Outbound : Rp115.000 per orang.

Sebagai informasi tambahan, harga tiket di atas bisa sewaktu-waktu berubah tergantung kebijakan pengelola wisata. 

Jam Operasional

Wisata Kebun Teh Tambi buka setiap hari selama 24 jam. Namun, salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini yaitu ketika pagi hari. 

Pada pagi hari, Anda bisa melihat kabut yang menyelimuti kebun serta pemandangan Gunung Sindoro yang terkena sinar matahari. Sebaiknya jangan datang ketika malam hari, sebab tempat ini akan sangat gelap dan sepi. 

Rute Menuju Kebun Teh Tambi

Kebun Teh Tambi berada di Jl. Tambi, Tegalrejo, Sigedang, Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Dari Kota Semarang, Anda perlu menempuh waktu selama 2,5 jam. Semantara dari Dieng, Anda hanya perlu menempuh waktu selama kurang lebih 47 menit. 

Agar tidak tersesat, Anda bisa menggunakan Google Maps untuk menuju lokasi wisata ini. 

Penutup

Demikian informasi mengenai wisata Teh Tambi Wonosobo. Pemandangan yang indah serta suasana yang asri dan sejuk akan membuat rasa penat Anda berkurang.

Scroll to Top
Chat Admin Disini