Suka Kulineran? Yuk Kunjungi 7 Wisata Kuliner Salatiga

Suka Kulineran? Yuk Kunjungi 7 Wisata Kuliner Salatiga

Memiliki rencana berlibur di Salatiga? Kamu wajib coba kuliner Salatiga yang akan membuat liburanmu semakin berkesan. 

Salatiga merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Tengah. Kota yang terletak di lereng Merbabu ini memiliki pemandangan yang indah dan cuaca yang sejuk. Oleh karena itu, banyak orang menjadikan Salatiga sebagai kota destinasi wisata mereka.

Selain mengunjungi objek pariwisata, salah satu kegiatan yang tidak boleh kamu lupakan ketika mengunjungi suatu daerah adalah mencoba kuliner khas daerah tersebut. 

Rekomendasi Wisata Kuliner Salatiga

Berbicara mengenai wisata, tentu akan terasa kurang jika tidak mencicipi kuliner di daerah tersebut. Oleh karena itu, jika kamu sedang berada di Salatiga, cobalah beberapa rekomendasi kuliner berikut ini.

1. Soto Esto

Rekomendasi kuliner di kota Salatiga yang pertama yaitu Soto Esto. Kuliner legendaris ini telah ditetapkan menjadi Salatiga Culinary Heritage oleh Pemerintah Kota Salatiga. 

Soto Esto mulai dirintis pada tahun 1940 oleh pasangan Marto Setiko dan Sudarmi. Kemudian pada tahun 1953, warung Soto Esto ini berdiri di dekat garasi bus ESTO. Akhirnya, pada tahun 2009 warung soto berpindah ke lokasi saat ini. 

Soto Esto merupakan jenis soto dengan kuah yang dicampuri santan. Selain kuahnya, ciri khas Soto Esto lainnya yaitu penggunaan daging ayam kampung serta uritan yang membuat soto ini terasa semakin lezat. Soto ini juga disajikan dengan remukan kerupuk karak. 

Jika kamu suka makan soto dengan menu pendamping, warung Soto Esto ini juga menyediakan beberapa lauk seperti sate kerang, sate telur puyuh, tempe, dan mentho. 

Lokasi : Jl. Langensuko No.4, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga.

2. Sate Blotongan

Rekomendasi kuliner selanjutnya yaitu Sate Blotongan. Nama sate yang terdengar unik ini diambil dari nama daerah di Salatiga yaitu Blotongan. 

Ciri khas sate ini yaitu terletak pada cara penyajiannya yang cukup modern. Jika biasanya, sate disajikan di atas piring, Sate Blotongan ini disajikan di atas hot plate. Sehingga, kamu bisa menikmati sate yang tetap terasa hangat. 

Selain penyajiannya yang cukup unik, Sate Blotongan memiliki ciri khas lain yang membuat cita rasa sate ini semakin lezat. Rahasia dibalik kelezatan sate ini yaitu terletak pada daging kambing yang digunakan. 

Warung sate ini menggunakan daging kambing muda atau yang berusia dibawah satu tahun. Sementara bumbu yang digunakan cukup sederhana, yaitu kecap asin, garam, dan bawang putih. 

Lokasi : Jl. Fatmawati No.98, Ngreco, Kesongo, Kec. Tuntang, Kab. Semarang.

3. Sate Sapi Suruh

Selain Sate Blotongan, ada juga Sate Suruh yang terkenal di Salatiga. Nama sate ini diambil dari nama pasar yaitu Pasar Suruh, tempat pertama warung sate ini dibuka. 

Sate Sapi Suruh merupakan bisnis turun temurun. Saat ini, bisnis Sate Sapi Suruh dijalankan oleh generasi ketiga. 

Di warung ini terdapat tiga macam sate, yaitu sate ayam, sate sapi, dan sate sapi campur. 

Sate dengan cita rasa manis, pedas, dan gurih ini begitu disukai oleh masyarakat. Selain rasanya yang lezat, daging sate di warung ini juga memiliki tekstur yang empuk dan lembut. 

Tak hanya cita rasanya yang enak, sate ini juga dihidangkan dengan cara yang masih terbilang tradisional. Alih-alih menggunakan piring, warung ini menghidangkan sate dengan alas daun pisang. 

Selain itu, keunikan warung Sate Sapi Suruh lainnya yaitu penggunaan ketupat sebagai pendamping sate. Jika biasanya sate dihidangkan dengan tambahan lontong, maka warung ini memilih menggunakan ketupat atau nasi. 

Lokasi : Jl. Jend. Sudirman, Kutowinangun Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga.

4. Kampoeng Kemiri

Rekomendasi wisata kuliner di Salatiga yang keempat yaitu Kampoeng Kemiri. Tempat makan ini memiliki model food court. Oleh karena itu, kamu akan menemukan berbagai macam makanan di tempat makan ini. 

Selain memiliki berbagai macam menu makanan, rumah makan ini juga berada di lokasi yang strategis dengan suasana yang nyaman. Ketika kamu berlibur bersama keluarga atau dengan banyak orang, rumah makan ini cocok untuk kamu singgahi

Lokasi : Jl. Kemiri II No.25, Salatiga, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga.

kampoeng kemiri

5. Warung Lawuh Ndeso

Jika kamu menyukai makanan khas Jawa, maka Warung Lawuh Ndeso bisa menjadi pilihan untuk mengisi perut kamu. 

Warung Lawuh Ndeso ini menyajikan berbagai menu khas Jawa seperti aneka sate, pepes, lauk, sup, sayur kuah, dan sayur kering. Dengan model prasmanan, kamu bisa mengambil makanan dengan bebas sesuai yang kamu sukai. 

Lokasi : Jl. Langenrejo No.6, Gendongan, Kec. Tingkir, Kota Salatiga.

6. Rumah Makan Es Cobra

Selain makanan, ada juga minuman yang wajib kamu coba ketika berada di Salatiga. Rumah Makan Es Cobra menyediakan menu dengan nama yang unik yaitu es cobra. 

Minuman ini sama seperti es campur. Namun, yang membedakannya yaitu minuman ini memiliki cincau dan potongan buah yang bercampur dengan santan. 

Selain minuman, rumah makan ini juga menjual makanan tradisional seperti nasi liwet, nasi pecel, lontong opor, dan sebagainya. 

Lokasi : Jl. Kalipengging No.4C, Kutowinangun Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga.

es cobra

7. Ronde Sekoteng Jago

Rekomendasi kuliner Salatiga yang terakhir yaitu Ronde Sekoteng Jago. Kuliner ini sudah berdiri sejak tahun 1964. 

Perbedaan Ronde Sekoteng Jago dengan ronde lainnya yaitu terletak pada isian di dalamnya. Ronde Sekoteng Jago memiliki beberapa pilihan isi seperti manisan jeruk, sagu delima, buah pala, kayu manis, dan sebagainya. Minuman hangat ini akan cocok kamu nikmati di suasana malam Salatiga yang dingin.

Lokasi : Jl. Jend. Sudirman No.9, Kutowinangun Kidul, Kec. Tingkir, Kota Salatiga.

Penutup

Demikian beberapa rekomendasi wisata kuliner di Salatiga. Semoga liburanmu menyenangkan!

Scroll to Top
Chat Admin Disini