wisata bromo

Mengenal Lebih Jauh Wisata Bromo dan Cara Memasukinya

Apakah Anda akan berkunjung ke Jawa Timur tepatnya wisata Bromo? Tepat sekali anda berkunjung ke artikel kami.

Gunung vulkanis yang indah di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini dilengkapi tangga hingga ke atas kawah. Area Gn. Bromo, Podokoyo, Kec. Tosari, Pasuruan, Jawa Timur. Gunung Bromo adalah Salah satu gunung tercantik di Indonesia. Berpetualang menggunakan Jeep lebih seru. Gunung Bromo adalah lautan pasir yang Indah.

Berikut Daftar Wisata Bromo :

1. Penanjakan 1

Penanjakan 1 adalah sebuah tempat tertinggi di wisata Bromo. Merupakan lokasi untuk melihat keindahan matahari terbit atau view point sunrise. Terletak di sebelah barat dari pegunungan tengger dan untuk mencapai Gunung Penanjakan 1 ini pengunjung wajib menggunakan kendaraan jeep atau hartop mengingat akses kesini cukup banyak tikungan tajam dan curam. Alternatifnya jika tidak menyewa hartop menggunakan sepeda motor namun jangan pakai kendaran matic. Selain itu untuk berangkat ke Penanjakan 1 ini harus lebih awal yaitu sekitar jam 3 dini hari,usahakan jangan sampai terlambat karena view point terbaik di Bromo ini merupakan spot yang di favoritkan pengunjung untuk melihat keindahan matahari terbit dari Bromo di bandingkan dengan Penanjakan 2.

2. Gunung Penanjakan 2

Gunung Penanjakan 2 adalah salah satu alternatif untuk melihat keindahan matahari terbit di wisata Bromo, Anda yang pergi ke Bromo melalui rute probolinggo bisa memilih alternatif Bukit Penanjakan 2 atau View Point Seruni untuk menyongsong matahri terbit. Walaupun lokasinya lebih rendah dari Penanjakan 1 namun pemandangan juga tidak kalah menariknya. Untuk kesini tidak membutuhkan sewah kendaraan jeep. Karena bisa mudah di akses kendaran roda 2 maupun roda 4 biasa.

3. Padang Rumput Savana Bromo

Savana Bromo sebuah tempat yang terletak di selatan timur Gunung Bromo, terletak pada sebuah lembah hijau yang di kelilingi tebing-tebing menjulang tinggi dan beberapa punggungan gunung gunungkecil. Padang Rumput Bromo ini sangat luas yang sangat luas, jika anda datang ke Savanah anda akan merasakan seolah-olah tidak berada di Gunung Bromo.

Baca Juga : 7 Rekomendasi Travel Jakarta Lumajang Terbaik

4. Bukit Mentigen

Disini pengunjung cukup jalan kaki saja dari area penginapan / homestay / villa atau hotel di daerah cemara lawang probolinggo. Walaupun bikitnya tidak terlalu tinggi namun bisa menjadi alternatif terbaik kalau berangakat ke Bromo ala backpacker, tidak membawa kendaraan sendiri baik roda 4 maupun roda 2.Jalan kakinya puntidak jauh dari cemara lawang. Lokasi tepatnya di timur hotel Lava View Bromo.

5. Padang Savana

Tidak lengkap rasanya jika berlibur ke Gunung Bromo tanpa mengunjungi Bukit Teletubies. Berlokasi di selatan Gunung Bromo dan satu jalur untuk menuju Padang Rumput Savana. Merupakan gunungan gunungan kecil yang sangat indah yang di tumbuhi rerumputan khas pegunungan seolah-olah membawa anda berasa masuk film teletubis. Maka tidak salah jika masanrakat suku tengger sekitar menyebutnya sebagai Bukit Teletubies.

6. Argosari

Argosari ini adalah salah satu spot camping di Bromo yang favorit. Destinasi wisata yang satu ini memang cukup asing bagi pengunjung Bromo. Tempat ini merupakan puncak yang paling tinggi di kawasan Wisata Gunung Bromo, lebih tinggi dari penajkan 1. Sehingga udara dingin dengan pemandangan yang sangat indah serta ditambah hamparan tumbuhan khas dari dataran tinggi membuat kawasan wisata ini sangat sayang untuk dilewatkan.

7. Bromo Milky Way

Bromo milky way hanya bisa di dapatkan saat malam hari, yaitu dengan pergi ke spot-spot tertentu yang cocok untuk hunting photography gugusan bintang ini di malam hari. Jangan lupa persiapkan kamera yang bagus jika tertarik melihat bromo milky way ini. Alasan kenapa bromo milky way ini sangat menarik dan sempurna adalah karena salah satu syarat untuk mendapat milky way terbaik adalah jauh dari sorot lampu kota atau dalam keadaan gelap sempurna, tanpa awan mendung dan perhitungan yang tepat untuk berburu milky way (harus memakai software stellarium).

Baca Juga : 7 Rekomendasi Tempat Wisata Malang Terbaik

Cara Memasukinya :

1. Cek status gunung

Gunung Bromo merupakan gunung api aktif, sehingga ada baiknya wisatawan selalu mengecek status gunung tersebut. Jangan datang pada saat status gunung meningkat, karena akan membahayakan wisatawan. Biasanya status gunung bisa dicek dari informasi.

2. Siapkan jadwal kunjungan

Banyak objek wisata di Bromo, diantaranya pasir berbisik, kawah bromo, pura, penanjakan, sunrise view point, dan juga bukit teletubbies. Siapkan jadwal kunjungan agar perjalanan bisa menjadi lebih lengkap dan lancar.

3. Pesan penginapan secepatnya

Jika terpaksa berlibur saat musim liburan dan ingin menginap di sekitar Bromo, lebih baik mencari penginapan dari jauh-jauh hari. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kehabisan penginapan.

wisata bromo

4. Pilih rute yang sesuai

Rute menuju Bromo juga sangat banyak. Bromo bisa diakses dari Malang, Pobolinggo, atau Lumajang. Sesuaikan rute dengan tempat tinggalmu, atau pilihlah rute menuju Bromo yang paling kamu inginkan.

5. Bawa perlengkapan lengkap

Karena suhu dan kondisi alam di Bromo berbeda dengan kondisi alam di perkotaan, maka siapkan semua perlengkapan yang dibutuhkan. Pakai baju hangat. Sebisa mungkin pakai pakaian untuk ke gunung. Jangan sampai kamu terkena hipotemia di gunung Bromo.

Demikian, daftar wisata di Bromo dan cara memasukinya yang wajib anda kunjungi bersama orang tercinta untuk menghabiskan liburan anda. Semoga bisa menjadi referensi anda untuk memantapkan diri berkunjung kesana.

Scroll to Top
Chat Admin Disini