Apa Saja 7 Tempat Wisata di Gunung Bromo? Simak berikut ini

wisata bromo

Apakah anda sedang mencari referensi destinasi liburan? Mari simak ulasan berikut karena akan membahas tempat wisata di gunung Bromo.

Gunung Bromo merupakan gunung yang memiliki wisatawan terbanyak, karena selain pemandangan yang sangat menakjubkan, akses jalan atau track menuju puncak gunung cukup mudah dilalui karena terdiri dari ratusan anak tangga, tidak terlalu tinggi, dan tidak melewati hutan belantara yang menakutkan. Gunung Bromo berada di Jawa Timur yang melalui 4 daerah sekaligus yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Lumajang.

Bromo berasal dari Bahasa Tengger yaitu Brama yang memiliki arti gunung aktif di Pulau Jawa. Masyarakat sekitar gunung Bromo mayoritas suku Tengger. Di Kawasan Bromo ini anda tak perlu khawatir untuk berjalan jauh dari parkiran karena disana sangat banyak yang menyewakan jeep untuk berkeliling dan penyewaan kuda.

Daftar Destinasi Tempat Wisata  Bromo : 

1. Pura Luhur Poten

wisata bromo

Rekomendasi tempat wisata bromo yang pertama yaitu Pura Luhur Poten. Pura ini sering digunakan untuk ibadah agama Hindu masyarakat sekitar gunung Bromo, seperti Ngaben, Nyepi, dan peringatan hari besar lainnya. Alangkah lebih baiknya apabila sedang ada warga yang beribadah, anda sebagai pengunjung menghormati dan tidak mengganggu. Boleh untuk belajar kebudayaan dan agama lain tetapi harus memperhatikan situasi dan kondisi mereka, jangan mementingkan ego dan konten semata. Alamat tepatnya berada di Cemorolawang, Ngadisari, Kec. Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

2. Bukit Cinta

wisata bromo

Tempat wisata Bromo selanjutnya yang wajib direkomendasikan ke anda yaitu Bukit Cinta. Bukit ini sangat cocok untuk anda yang sedang di mabuk kasmaran, jika akan melamar seseorang tepat sekali sesuai namanya bukit cinta yang akan selalu jatuh cinta. Namun, jangan sampai membuat orang lain iri dan dijadikan dunia serasa milik berdua wkwk. Disana terdapat padang sabana yang sangat luas dengan ditumbuhi rumput ilalang yang sangat hijau. Bukit Cinta ini berada di Area Pegunungan, Wonokitri, Kec. Tosari, Pasuruan, Jawa Timur.

Baca Juga : 8 Tempat Wisata Jombang Ngehits dan Instagramable

3. Pasir Berbisik

wisata bromo

Destinasi wisata Bromo yang wajib direkomendasikan kepada anda berikutnya yaitu Pasir Berbisik. Apakah anda mengetahui kenapa dinamakan Berbisik, bukan karena banyak wisatawan yang berkunjung lalu ramai sehingga menimbulkan kebisingan. Akan tetapi, filosofinya yaitu karena di tempat tersebut adalah area luas yang dipenuhi oleh pasir yang berasal dari letusan 2 gunung di kawasan Bromo tersebut sehingga jika tertiup angin maka pasir tersebut akan saling bergesekan satu sama lain dan akan menimbulkan bunyi seperti gesekan sehingga sangat bising.

4. Gunung Watangan

wisata bromo

Gunung ini sangat terkenal dengan Padang Sabana nya di kawasan Gunung Bromo yang berjejer dengan gunung olainnya seperti Gunung Kursi, Gunung Widodare, Bukit Teletabis. Di bukit ini sangat rekomendasi untuk tempat wisatawan mancanegara maupun warga lokal karena hamparan beberapa gunung dan bukit akan terlihat. Bahkan, megahnya gunung Semeru di Lumajang akan terlihat dari sini. Lautan kabut dan awan akan menghiasi pemandangan di sekitarnya yang begitu canti pada pagi hari.

5. Puncak Penanjakan 1 Gunung Bromo

wisata bromo

Rekomendasi tempat wisata Bromo yang wajib dikunjungi puncak kawahnya yang masih aktif dengan genangan belerang dengan panjang kurang lebih 800 meter yang membentang dari utara dan ke selatan serta 600 meter yang membentang dari timur ke barat. Untuk menikmati pemandangan kawah ini dikeliingi oleh cekungan seperti kawah di Tangkuban Perahu. Sangat dilarang  bagi wisatawan untuk mendekat ke genangan kawah tersebut karena sangat panas. Oleh karena itu, oleh pengelola wisatawan setempat dibuat anak tangga untuk menaiki bukit sehingga dari atas puncak tersebut anda baru bisa melihat cekungan genangan kawah ke bawah.

6. Bukit Kingkong

wisata bromo

 

Spot sunrise yang harus anda kunjungi di Bromo yaitu di Bukit Kingkong. Disini anda bisa menjumpai banyak bunga edelwise yang dilindungi jadi hanya untuk foto saja dan jangan dipetik serta terdapat rumput alang-alang yang sering digunakan untuk shooting film maupun foto preweding. Anda bisa sepuasnya swafoto di padang sabana ini karena sangat luas dan eksotis yang akan memanjakan mata anda untuk merefresh pikiran di tengah penatnya pekerjaan.

 

Baca Juga : 10 Destinasi Wisata Terbaik Indonesia untuk Dikunjungi di 2023

7. Area Camping B29 Argosari

wisata bromo

Rekomendasi tempat wisata yang terakhir yaitu Area Camping B29 Argosari. Disini anda bisa mendirikan tenda camping untuk menikmati suasana malam hari di kawasan Bromo. Selain itu, jika pada pagi hari, menjelang fajar anda dapat menikmati sunrise dari depan tenda anda. Itu merupakan kenikmatan yang luar biasa. Jika anda dan keluarga memilih untuk bermalam di ketinggian maka anda  harus menyiapkan pakaian tebal seperti jaket dan memakai pakaian berlapis-lapis agar tidak hipotermia serta menggunakan kupluk serta makanan dan alat camping lainnya sehingga anda tidak kelaparan pada malam hari daripada anda harus turun lagi untuk membeli makanan.

Demikian rekomendasi tempat wisata terbaik di Gunung Bromo yang wajib masuk ke wishlist wisata anda di 2023 dengan resolusi baru yang lebih baik bersama orang tercinta dan keluarga. Sebelum perjalanan lebih baik persiapkan semua keperluan dengan matang agar tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Scroll to Top
Chat Admin Disini